Periklanan
adalah sumber informasi bagi para konsumen dan sumber kekuatan pasar
bagi para pengiklan.Periklanan telah dituduh merugikan masyarakat karena
sepertinya ia lebih dari sekedar menjual produk-produk baru ia juga
dapat membentuk kecenderungan dan sikap social secara kuat.Denagn
intenet sebuah perusahaan dapat menyajikan kombinasi iklan
,informasi,dan hiburan yang berhubungan dengan produk mereka kepada
konsumen.Para konsumen mampu mengendalikan penampakan produk pada mereka
dan akhirnya memtutuskan apakah mereka ingin lebih mengetahuinya atau
bahkan memesannya.Dengan mengetatnya anggaran periklanan pada tahun
1990-an keandalan menjadi lebih penting daripada sebelumnya.Para
pengiklan internet mampu mencatat jumlah orang yang benar-benar melihat
iklan mereka dan dari awal mengetahui berapa banyak biaya yang dibebani
mereka setiap kunjungan situs Web.
KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PERIKLANAN
• kekuatan lingkungan selalu berubah
• perubahan lingkungan menciptakan ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan)
• tanggapan terhadap perubahan lingkungan:
* reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dgn perkembangan yg ada
*
proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dgn
mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan yg menghasilkan lingkungan
yg lebih kondusif
IKLAN TERHADAP PENGARUH EKONOMI
1. Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
• Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
• Memberi keuntungan kepada agen iklan.
• Membuka lapangan kerja.
• Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
• Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
• Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
• Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
•
Data AC Nielsen: belanja iklan 2001 Rp 9,717 triliun à 2002 Rp 12
triliun (ada kenaikan 200 % dari belanja iklan 1997). Fantastis!
Tahun
1997 ada 179 merek yang diiklankan di media utama nasional à Tahun 2000
ada 237 merek (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih
memberikan kepercayaan melakukan promosi produk melalui iklan.
• Periklanan mendatangkan pajak besar bagi daerah.
2. Dampak (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi .
· pesan yang ditimbulkan.
· Meningkatkan pemasaran produk.
1. Penjualan Online
Penjualan
online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli
sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan
internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai
penghubung dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
· Kehadiran
e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah kebiasaan
bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen
akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online
ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan
lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan
yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau
ingin mengakses pasar mancanegara.
· seseorang
lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang
dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli
online. Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya
Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang
kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
· Kemajuan
teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik
dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang
akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan,
dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting.
Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis
yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung
dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan
selera individu dapat dipenuhi.sumber : http://rashidianas12.blogspot.co.id/2016/06/dampak-periklanan-dan-penjualan-secara.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar